Tasikmalaya,Kamis 28 September 2023

Masyarakat pemohon tentunya mengharapkan setiap layanan Administrasi Kependudukan yang diajukan bisa terlayani secara cepat dan tepat Untuk hal tersebut Disdukcapil berupaya memaksimalkan SDM yang ada agar bisa melayani semua dokumen kependudukan yang diajukan masyarakat, yaitu melalui "layanan Adminduk Terintegrasi" artinya 1 kali datang, pemohon bisa mendapatkan beberapa dokumen kependudukan istilahnya 3 in 1, 4 in 1, atau bahkan sampai 6 in 1 seperti yang diperoleh salah seorang pemohon berikut ini.

Adalah Ibu Amel dan Bapak Bagus Silaban sebagai pemohon yang menyelesaikan 6 dokumen adapun dokumen yang telah diselesaikan antara lain 2 Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kelahiran, Akta Perkawinan, dan Akta Pengesahan Anak.

Untuk memperoleh pelayanan Adminduk tersebut, masyarakat dapat mengajukan permohonan ke kantor Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya dengan membawa persyaratan yang sesuai. Proses pelayanan Adminduk di Dukcapil Kabupaten Tasikmalaya cukup mudah dan cepat, tergantung dari kelengkapan dokumen yang diserahkan.

Dalam upaya meningkatkan pelayanan Adminduk yang lebih baik, Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya juga terus melakukan inovasi dan modernisasi dalam sistem Administrasi Kependudukan.

Bu Amel mengaku senang telah di bantu dan di layani“Kami ucapkan terimakasih untuk Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya untuk semua pelayanannya yang sangat mudah dan gratis”.

PDKT Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya di Pesantren Nurul Ihsan

Written by Super Admin Read 209 times Published in Berita

Tasikmalaya,16 September 2023

Sebagai bentuk terobosan baru dalamrangka akselerasi pelayanan Adminduk terhadap masyarakat, Disdukcapil kab.Tasikmalaya diantaranya menyelenggarakan "Disdukcapil Goes to campus/School,Goes to OPD,Goes to pondok Pesantren " dengan mengusung Tema/inovasi PDKT (pelayanan Dokumen Kependudukan Terpadu.

Dan Kali ini Disdukcapil kab.Tasikmalaya melaksanalan kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan. Khususnya bagi para Santri dan Keluarga Santri. Dalam kegiatan tersebut, Masyarakat dapat mengurus berbagai Dokumen Kependudukan. Antara lain Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kelahiran dan Akta Kematian.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya. NUGRAHA PURWASTYO, SH.,MSi mengatakan bahwa kegiatan PDKT ini merupakan salah satu upaya Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya untuk mendekatkan pelayanan keppada masyarakat.

"Kami ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, termasuk bagi para Santri dan Keluarga Santri. Dengan adanya kegiatan PDKT ini, masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke Kantor Disdukcapil untuk mengurus Dokumen Kependudukan"

Disdukcapil berharap kegiatan PDKT ini dapat bermanfaat bagi Masyarakat dan dapat membantu Masyarakat dalam mengurus Dokumen Kependudukan.

Salah satu Santri yang mengikuti kegiatan PDKT ini mengaku senang dengan adanya kegiatan ini. Dan mengatakan bahwa kegiatan inni sangat memudahkannya dalam mengurus Dokumen Kependudukan.

Pelayanan Adminduk di Kecamatan Jamanis

Written by Super Admin Read 1455 times Published in Berita

Tasikmalaya, 23 September 2023

Sebagai agenda rutin selanjutnya Disdukcapil menyelenggarakan kegiatan Peling di Kecamatan Jamanis dengan kegiatan utama perekaman KTP-el yang mana kegiatan ini mendapat perhatian dan antusiasme masyarakat yang sangat tinggi karena dirasakan banyak sekali manfaatnya bagi masyarakat jamanis, terutama dari segi jangkauan dan kemudahan pelayanan Adminduk bagi masyarakat yang jauh.

Dalam kegiatan ini, semua petugas dari Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya sangat aktif untuk memberikan pelayanan terhadap warga. Proses dari perekaman KTP-el tersebut menjadi daya tarik bagi para warga yang dekat dengan domisili.

Masyarakat memberikan respon positif terhadap pelayanan yang diberikan oleh Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya, terbukti dengan banyaknya masyarakat yang datang untuk perekaman. Salah satu warga di Kecamatan Jamanis memberikan apresiasi atas kemudahan dan kelancaran proses kegiatan ini.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Tasikmalay, Dra. Hj. WINI, M.SI menjelaskan bahwa akan berkomitmen untuk meningkatkan Pelayanan Administrasi Kependudukan bagi masyarakat. Dengan memanfaatkan teknologi, Disukcapil akan mempermudah perekaman KTP-el.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk lebih meningkatkan aksesbilitas dan kenyamanan bagi warga Kecamatan Jamanis dalam mendapatkan dokumen kependudukan yang dibutuhkan. Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Kecamatan Jamanis.

TASIKMALAYA, 19-20 Agustus 2023

Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya menyelenggarakan FESTIVAL TASELA 2023 dalam rangka memperingati Hari jadi ke-391 Kabupaten Tasikamalaya dan HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, yang berlokasi di Lapang Rancabakung, Desa Karangmekar, Kecamatan Karangnunggal.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tasikmalaya ikut berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan dokumen kependudukan bagi masyarakat di Stand khusus OPD. Pelayanan tersebut dilaksanakan pada tanggal 19-20 Agustus 2023, bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Tasikmalaya.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya, Dr. Hj. WINI, M.Si mengatakan bahwa pelayanan ini merupakan bentuk apresiasi kepada masyarakat atas dukungan dan partisipasi mereka dalam membangun Kabupaten Tasikmalaya

“Kami ingin mengapresiasi masyarakat atas dukungan dan partisipasi mereka dalam pembangunan Kabupaten Tasikmaaya. Oleh karena itu, kami membuka pelayanan dokumen kependudukan”

Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya memberikan pelayanan yang meliputi semua Adminduk dari mulai aktivasi IKD, Perekaman KTP-el, perubahan Biodata, kartu keluarga, KIA, Akta kelahiran & Akta Kematian.

Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya berharap, pelayanan ini dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan dokumen kependudukan yang dibutuhkan terutama buat masyarakat Karangnunggal dan sekitarnya di wilayah Tasikmalaya Selatan.

Pelayanan Adminduk di Acara TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)

Written by Super Admin Read 455 times Published in Berita

Tasikmalaya,19 September 2023

Dalam rangka menjalin koordinasi dan komunikasi dengan forkopimda Kab.Tasikmalaya, Disdukcapil ikut berpartisipasi dalam kegiatan Kodim 0612 Tasikmalaya melalui Kegiatan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) yang berlokasi di Desa Girimukti Kec.Bojonggambir.

Melalui momentum TMMD tersebut, Disdukcapil berpartisipasi dengan menyelenggarakan pelayanan Administrasi Kependudukan Secara terbuka bagi seluruh warga masyarakat ds.Girimukti kec.Bojongmbir Kabupaten Tasikmalaya yang menjadi lokasi TMMD tersebut.

Dalam Kegiatan tersebut, Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya menyediaka layanan perekaman KTP-el Kepada Masyarakat Desagirimukti Selain itu, ada juga pelayanan Kartu Keluarga, pembuatan akta kelahiran dan akta kematian bagi warga yang telah meninggal dunia.

Bupati Tasikmalaya yang dalam hal ini diwakilkan oleh sekretaris daerah Kabupaten Tasikmalaya Bersama sama TNI membagikan sembako secara simbolis yang berupaya membantu kondisi kehidupan Masyarakat pedesaan di Desa Girimukti yang terletak di Kecamatan Bojonggambir Kabupaten Tasikmalaya.

Masyarakat Desa Girimukti sangat antusias menyambut kegiatan ini dan mendapat respon positif Masyarakat merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan layanan Administrasi Kependudukan sehingga mempermudah mereka mengakses secara langsung di desa mereka. Ini juga membuktikan komitmen Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya yang memberikan pelayanan yang memudahkan akses untuk seluruh Masyarakat.

Masyarakat berharap kegiatan seperti ini terus berjalan setiap tahunnya untuk memeberikan pelayanan yang optimal bagi seluruh penduduk Kabupaten Tasikmalaya. Kegiatan ini juga diharapkan dapat mendukung tercapainya target administrasi kependudukan yang akurat dan tertata dengan baik.

TASIKMALAYA, 11 Agustus 2023

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tasikmalaya, Dra.Hj. WINI, M.Si menerima kunjungan kerja dari Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Disdukcapil Provinsi Jawa Barat, H.Engkus Sutisna, S.T., M.T di Kantor Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (11/8).

Kunjungan kerja tersebut bertujuan untuk melakukan evaluasi dan koordinasi terkait pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) di Kabupaten Tasikmalaya.

Dalam kesempatan itu, Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya menyampaikan bahwa Disdukcapil telah berupaya maksimal dalam memberikan pelayanan Adminduk kepada masyarakat. Hal tersebut dibuktikan dengan berbagai inovasi pelayanan yang telah dilakukan, seperti pelayanan Adminduk keliling, pelayanan Adminduk melalui WhatsApp, dan pelayanan Adminduk online.

Sementara itu, Plt. Kadisdukcapil Jabar mengapresiasi kinerja Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya dalam memberikan pelayanan Adminduk kepada masyarakat. Ia juga memberikan beberapa arahan kepada Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya.

Pada kesempatan itu, Plt. Kadisdukcapil Jabar juga memberikan beberapa arahan kepada Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya, di antaranya:

  1. Meningkatkan koordinasi dengan berbagai instansi terkait untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus Adminduk.
  2. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya.
  3. Meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan Adminduk.